( SANG PEMATUNG ) --- Kuambil segumpal tanah liat . Kubentuk dengan kupijat-pijat . Dan selagi jariku menekan . Jadilah bentuk yang kuinginkan --- Beberapa hari berlalu . Tanah liat sudah keras membatu . Bentuk buatan tanganku masih ada . Dan aku tidak dapat lagi mengubahnya --- Lalu kuambil tanah liat bernyawa . Sebuah hati bocah lembut dan peka . Kubentuk dia dari hari ke hari . Dengan kemampuan dan daya seni --- Beberapa tahun berselang . Si bocah telah menjadi orang . Sifat-sifat bentukkanku tetap terbawa . Dan aku tidak dapat lagi mengubahnya. Home

Cari topik lain dengan Google :
Custom Search


Jenis dan fungsi sel-sel darah

Ada tiga jenis sel darah manuasia, yaitu:

Sel darah putih (lekosit)
- Basofil
- Batang
- Eosinofil
- Limfosit
- Monosit
- Netrofil
Sel darah merah (Eritrosit)
Trobosit

Basofil, berfungsi untuk membantu memelihara darah agar selalu dalam keadaan cair. Jumlahnya akan bertambah bila ada kanker, infeksi dan alergi.

Batang lekosit, berfungsi untuk membantu mengurangi infeksi. Jumlahnya akan bertambah bila tubuh mengalami infeksi. Sel batang ini merupakan lekosit yang belum dewasa.

Eosinofil, berfungsi untuk membentuk kekebalan. Jumlahnya akan bertambah bila ada parasit, penyakit kulit, asma dan alergi serta beberapa infeksi ringan. Jumlahnya akan menurun bila tubuh mengalami stres, infeksi berat, luka bakar atau shock.

Limfosit, merupakan bagian yang penting untuk sistem kekebalan. Jumlahnya paling banyak nomor dua dalam lekosit setelah netrofil. Jumlahnya akan bertambah banyak bila ada infeksi kelenjar, leukimia dan masalah usus.

Monosit, berfungsi untuk memakan fragmen-fragmen sel-sel tua dan sel-sel kanker. Jumlahnya akan bertambah bila ada bagian tubuh yang kena kanker atau infeksi jantung serta infeksi-infeksi yang menahun lainnya.

Netrofil, berfungsi untuk menghilangkan infeksi dari tubuh. Ukurannya lebih besar dari sel darah merah (eritrosit).

Sel darah merah (Eritrosit), dibantu oleh hemoglobin, berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh dan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru.
Sel darah merah juga mengandung enzim-enzim untuk energi dan membantu tubuh dalam mengatur kadar asam dan kadar basa tubuh.

Plasma merupakan bagian darah yang cair yang berfungsi untuk membawa (mengalirkan) seluruh sel-sel darah beserta makanan ke seluruh tubuh.


Cetak Halaman Ini




wib (GMT+7)

 
IMPORTANT MEDICAL DISCLAIMER.

The content on this site is provided for educational and informational purposes only and is not intended to be a substitute for professional medical advice, diagnosis or treatment.